oleh

Lade Gorom Khas Anambas Bikin Lidah Bergoyang

Anambas (KEPRI)-Fadella Dita Maridza seorang anak yang termuda di kecamatan Kute Siantan, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, yang ingin mengembangkan usaha orangtuanya yang berawal dari usaha kecil-kecilan pengelolah ikan tuna yang di olah menjadi makanan siap saji yang diberi nama lade gorom ikan simbok alias ikan tongkol.

Beliau sosok wanita yang sangat muda usianya yang mampu menunjukan kemampuan untuk mengembangkan bakat ayahnya.

Di tahun 2021 sebesar 85% lade gorom ikan simbok alias ikan tongkol melonjak naik dari luar Anambas dibandingkan di tahun 2020 hanya 50%.

Lade gorom atau sambal ikan tongkol salai adalah masakan khas orang melayu Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau yang sangat menggugah selera makan.

Sangat berbeda dengan sambal ikan lainnya. Itu karena ikan tongkol yang dimasak disalai atau diasapkan terlebih dahulu,” ucap Fadella kepada awak media SEPUTARKEPRI.CO.ID beberapa hari yang lalu.

Sebelumnya ayah dari Fadella ini mencoba membuka usaha kecil-kecilan sehingga menjadi berkembang sampai saat ini, ayah fadella ini sempat bekerja di salah satu perusahaan minyak ConocoPhillips sebagai subcon juga pernah bekerja di medco energi.

Ayah fadella yang bernama Long Wadi yang enggan memberitahukan pendidikan terakhirnya ke awak media online SEPUTARKEPRI.CO.ID

Akhirnya Long Wadi memutuskan untuk re-sign dari salah satu perusahaan yang telah membesarkan namanya.

Dikarenakan Long Wadi ingin fokus terhadap usaha kulinernya dan inggin bercita-cita mengelolah bahan baku yang ada di pulau terluar NKRI Kepulauan Anambas seperti contoh ikan cengkeh dan kelapa juga karet yang ada potensi alamnya.

Long Wadi berharap generasi dari kepulauan Anambas mampu melihat pengelolahan dan kekayaan alam yang ada.

Long Wadi yang saat ini sebagai ketua AL-ALHMADY Entreprenuer Centre (AEC) Anambas membuka tempat untuk penetapan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diberi nama toko Oleh-Oleh Khas Anambas yang berdampingan dengan restoran LW coffe serta dealer Yamaha kecamatan Kute Siantan.

Dengan harapan bisa membantu para pelaku
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk makanan khas Anambas dan bisa dikembang luaskan, bukan hanya di kabupaten Kepulauan Anambas.

Juga diberbagai daerah seperti Tanjungpinang dan Batam bahkan dari Jakarta membeli makanan salah satu nya lade gorom ikan simbok yang tersedia di LW.

Lade gorom ikan simbok alias ikan tongkol adalah makanan khas masyarakat Anambas ikan yang penuh gizi dan vitamin dan kesegaran ikan simbok Anambas bukanlah seperti ikan di luar Anambas yang di segarkan dengan dinginan es batu.

Reporter: Thony
Editor: Kadeni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed