oleh

Perdana! GenBI Komisariat Polibatam Sukses Gelar ‘GELAS Public Speaking’

-Batam-1.357 views

Batam (Kepri)-Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Politeknik Negeri Batam sukses menggelar GenBI Class (GELAS) dengan tema “Public Speaking”. Ini merupakan kali pertama program kerja yang dilaksanakan oleh GenBI Polibatam, sebagai bentuk peningkatan skill berkomunikasi untuk para anggotanya. Acara tersebut diselenggarakan secara offline sesuai protokol kesehatan di Politeknik Negeri Batam pada hari Minggu (28/02/2021) kemarin.

Kelas Public Speaking yang diisi oleh pemateri dari Demisioner GenBI Kepri, Zulfikar tersebut dihadiri oleh 30 anggota GenBI. Terlihat para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Karena materi yang disampaikan memang sangat bermanfaat dan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh para anggota GenBI, sehingga para peserta dapat terlibat secara aktif dan antusias,” Ungkap Ade Wirda selaku Koordinator Divisi Pendidikan GenBI Komisariat Polibatam Kepada awak media ini, Selasa (2/3/2021).

Ade menambahkan, tujuan diadakannya GenBI Class ini adalah untuk membekali dan mengasah skill anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI). Supaya para anggota selama bergabung di Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia ini ada sesuatu hal yang mereka dapatkan.

Jadi mereka tidak hanya disibukkan dengan proker eksternal saja, tapi ada feedback yang mereka dapatkan untuk pengembangan diri.

Dalam materi yang disampaikannya, Zulfikar sebagai pemateri menjelaskan bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu kunci utama yang harus dimiliki oleh Mahasiswa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari ilmu public speaking, terlebih bagi para anggota komunitas GenBI yang notabene tidak hanya menerima bantuan berupa materi saja, melainkan diberikan amanah untuk mendedikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan negeri.

Pemateri juga memberikan pemaparan mengenai tips, teknik, permasalahan dan solusi terkait public speaking yang sering kita alami.

Kepercayaan diri adalah salah satu permasalahan yang sering menghantui kita ketika berbicara di depan umum, yang terkadang membuat kita gugup dan bingung apa yang akan disampaikan.

Menurut Zulfikar, hal itu bisa diatasi dengan membentuk mindset yang benar, tidak takut, dan berusaha untuk lebih rileks sebelum tampil.

Selain itu, untuk lebih mengasah kemampuan public speaking kita, kita harus perbanyak latihan di depan cermin dan rajin membaca atau menonton video. Supaya ketika sudah berdiri didepan umum, kita sudah siap dengan materi yang akan kita sampaikan.

Di akhir sesi, para peserta diberikan kesempatan untuk langsung mempraktekkan bagaimana berbicara di depan umum dengan baik dan benar.

Kedepannya, GenBI Class (GELAS) akan menjadi program kerja rutin GenBI Komisariat Polibatam, pastinya dengan materi yang berbeda lagi.

Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed