oleh

Inilah Rencana Kerja Desa Toapaya Kabupaten Bintan Tahun Anggaran 2021

Bintan (KEPRI)-Dalam rangka mewujudkan pengelolaan anggaran yang Transparan, Akuntable, Partisipatif, Tertib dan Disiplin. Pemerintah Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, Kabupaten bintan menyelenggarakan rapat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun anggaran 2021 di balai pertemuan Desa Toapaya, Kabupaten Bintan, Rabu (24/03/21).

Dalam rapat ini tampak hadir Kepala Desa Toapaya, Mulyono, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD)Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LPMD, RT, RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas.

Ketua BPD Toapaya, Zainudin, menerangkan, Musyawarah Desa APBDes ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbangdes sebelumnya yang telah dilakukan, sehingga pada kesempatan ini tujuannya menyampaikan untuk apa saja Pendapatan desa yang akan dilaksanakan tahun 2021. Masyarakat Toapaya sangat membutuhkan bantuan uluran tangan dari Pemkab Bintan.

Dikesempatan lain, Penetapan BLT (DD) Tahun 2021 desa Toapaya, penggunaan Dana Desa masih menyinggung Pemulihan Nasional yaitu Pembangunan Berkelanjutan dimana kegiatan yang sebelumnya masih tertunda karena pengalihan anggaran menjadi prioritas utama untuk tahun selanjutnya seperti pembangunan,dan lain-lain.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, pasal 2 menegaskan asas-asas dalam pengelolaan dana desa diantaranya adalah transparan, akuntabel partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDes telah ditetapkan pemerintah desa pada awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan desa,” terang Zainudin.

Kepala Desa Toapaya, Mulyono, menegaskan bahwa setiap kegiatan atau program kerja yang dimasukkan dalam APBDes untuk dilaksanakan tepat pada waktu yang telah ditentukan mengingat nantinya pasti akan ada perubahan-perubahan dalam pelaksanaan.

Hal tersebut, kata beliau, berkaitan dengan efisiensi waktu guna terciptanya peningkatan kinerja pemerintah desa.

Kemudian berbeda pada tahun-tahun sebelumnya di tahun 2021 ini Pemerintah desa Toapaya Lebih memfokuskan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi peningkatan fasilitas publik, Kesehatan dan Pendidikan. Untuk pembangunan sarana prasarana perekonomian pun tetap di lakukan seperti pemeliharaan jalan, Paving jalan dan Drainase, dan lain-lainya,” tutup Mulyono. (Rd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed