oleh

Kepala Bappenas RI Buka Rakor Gubernur Se-Sumatera di Kota Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad (kiri) bersama Ketua Bappenas Republik Indonesia, Suharso Monoarfa (kanan).

Gubernur Ansar Ahmad Usul 10 Proyek Strategis Provinsi Kepulauan Riau

Batam (KEPRI)-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia, Suharso Monoarfa membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para Gubernur se-Sumatera Tahun 2022 di Best Western Premier Panbil Batam, Rabu (23/3/2022).

Rapat koordinasi ini digelar dalam rangka penajaman rencana proyek prioritas strategis (Major Project) yang akan dilaksanakan di daerah tahun 2023.

Selain Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad yang hadir sebagai tuan rumah, hadir juga Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Gubernur Jambi, Al Haris, serta Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. Juga turut hadir jajaran pimpinan Eselon I dan II Kementerian PPN/Bappenas RI.

Dalam pengarahannya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, menyampaikan bahwa sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk Gubernur, Sekretaris Daerah, dan Kepala Bappeda, memegang peranan penting agar perencanaan RKP 2023 dapat berjalan dengan baik. Pertemuan kali ini merupakan lanjutan dari pertemuan-pertemun sebelumnya.

“Kami merasakan kegiatan ini relatif efektif untuk sinkronkan kegiatan pembangunan Pusat dan Daerah. Dengan sinkronisasi tidak hanya APBN yang bisa diefisiensikan, namun juga APBD,” jelasnya.

Menurut Suharso, seluruh kegiatan di Kementerian dan lembaga tentunya digunakan untuk pembangunan di daerah, tinggal dilihat prioritas dan keperluan daerah yang dibutuhkan.

Seperti saat ini, Bappenas melalui tim telah melakukan beberapa kali kunjungan ke beberapa Provinsi di Indonesia untuk melakukan studi opname terkait perspektif pembangunan apa saja yang bisa dibantu dari Provinsi yang dituju guna percepatan pembangunan di daerah.

“Potret yang didapatkan didaerah selanjutnya dipelajari oleh Bappenas dan didiskusikan dengan Provinsi terkait untuk melihat apa yang bisa lakukan untuk pembangunan dan kemajuan bagi daerah,” urainya.

Kemudian dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyampaikan sepuluh usulan strategis dan prioritas pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023 dalam rangka mendukung Prioritas Nasional kepada Kementerian PPN/ Bappenas RI.

Kesepuluh usulan strategis tersebut diantaranya Pembangunan Jembatan Batam-Bintan, Pembangunan Jalan Lintas Barat Lanjutan, Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Pulau Bingan (SPAM Regional Pulau Bintan), Pembangunan Bangunan Pengendali Banjir Batam-Bintan, Pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Tipe B Bukit Manuk Kota Tanjungpinang.

Lalu pembangunan Pelabuhan Samudera Teluk Buton Natuna, Revitalisasi Pasar Loka Tarempa di Kepulauan Anambas, Pembangunan Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas, Pengadaan Peralatan Kesehatan UPT RSUD di Kabupaten Kepulauan Anambas serta Penataan Kawasan Pariwisata Terpadu Tugu Khatulistiwa di Kabupaten Lingga.

“Usulan yang kami sampaikan ini kepada Bapak Menteri merupakan usulan strategis dan prioritas dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan tetap memperhatikan proporsional kegiatan yang merata antar Kabupaten/ Kota. Semoga usulan kami diterima sehingga Kepri Maju dan Sejahtera,” tutupnya.(rd/zah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed