oleh

Satkat Koarmada I Laksanakan Sosialisasi Bela Negara

Seputarkepri.co.id, BINTAN, KEPRI – Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I) melaksanakan sosialisasi Bela Negara kepada siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Bintan Utara. Senin (16/7).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang wawasan Kebangsaan dan Bela Negara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para siswa baru teraebut.

​Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. yang di wakili Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S., S.E. yang sehari hari menjabat sebagai Komandan KRI Surik-645 selaku pemapar antara lain menyampaikan bahwa, semangat Bela Negara merupakan hal yang penting dan dapat dilakukan oleh semua komponen bangsa termasuk siswa/pelajar. Bela Negara tidak harus menjadi TNI atau Polri melainkan dapat dilaksanakan oleh semua warga negara Indonesia dari berbagai latar belakang dan profesi. Dimana dengan menanamkan Bela Negara dapat menumbuhkan karakter cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme yang tinggi.

Selanjutnya Myr Laut (P) Thomas A. Dhamang S, S.E., mengatakan sebagai seorang siswa, semangat bela negara dapat diwujudkan dengan mengenal dan memahami wilayah nusantara dengan baik, mencintai dan melestarikan kebudayaan lokal maupun nasional, serta menjaga nama baik bangsa dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus menghindarkan diri dari ancaman nyata diantaranya bahaya narkoba, perkelahian antar siswa dan pergaulan bebas, penyalahgunaan sosial media, isu-isu yang menyesatkan/disinformasi (hoax), serta isu-isu SARA yang terkadang mengarah kepada adu domba antar umat beragama, yang berakibat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa serta mengarah kepada aksi-aksi anarkis hate speech dan terorisme.

Kegiatan sosialisasi tersebut disambut antusias para siswa terbukti dengan adanya interaksi melalui banyaknya pertamyaan yang disampaikan. (Penlantamal IV)

Pewarta: Baringin

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed