oleh

Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM Membudayakan Tradisional Khas Melayu

Anggota Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM saat berlatih Tari Persembahan dan Tari Zapin Penyengat di Gedung Olahraga (GOR) Lanudal Tanjungpinang

Tanjungpinang (KEPRI)-Dalam upaya turut serta memberdayakan budaya tradisional khas Melayu, Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM (Puspenerbal Gabungan Mabesal) Lanudal Tanjungpinang, berlatih Tari Persembahan dan Tari Zapin Penyengat di Gedung Olahraga (GOR) Lanudal Tanjungpinang, Selasa (27/08).

Disela-sela kegiatan latihan, Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab I PGM Lanudal Tanjungpinang Ny. dr. Hardiyany Mutiar Dani Achnisundani, mengatakan tari persembahan merupakan salah satu tarian tradisional khas melayu yang umumnya dipentaskan untuk menyambut dan dipersembahkan untuk menghormati tamu agung yang datang,” ungkap Ny. dr. Hardiyany Mutiar Dani Achnisundani.

Beliau juga menyampaikam Tari Zapin Penyengat merupakan tarian yang awal berdirinya berfungsi sebagai Pentabalan (Pemilihan Sultan Penyengat yang baru) dan hari-hari besar Islam”, tetapi seiring berjalannya waktu dan pola pikir masyarakat Pulau Penyengat yang maju, maka tari Zapin Penyengat berfungsi juga untuk acara-acara di pesta pernikahan dan hiburan seni budaya,” tuturnya.

Dan berharap, “Kegiatan latihan tari Persembahan dan tari Zapin Penyengat ini dapat dilakukan secara rutin dan berkesinambungan oleh Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal, guna mendapatkan hasil yang maksimal, dan tentunya sebagai bentuk nyata atas peran serta Jalasenastri Cabang 5 Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal dalam memberdayakan budaya tradisional Melayu,” tutupnya.

Sementara itu, Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla, dari tempat penugasan dan mendapat laporan, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan latihan tari Persembahan dan tari Zapin Penyengat. (Pen Lanudal Tanjungpinang).

Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed