oleh

“Teror Bom” Puncak Latihan Manlap Latpam Lanudal Barat 2019

Skenario para aksi yang mencoba mengganggu kenyamanan Bandara RHF Tanjungpinang.

Tanjungpinang, seputarkepri.co.idObjek vital (Obvit) strategis nasional selalu menjadi sasaran aksi massa untuk menyampaikan aspirasinya. Hal ini bisa sebabkan timbulnya permasalahan Subversif yang dapat merongrong dan menjatuhkan kewibawaan pemerintahan yang sah serta tidak menutup kemungkinan disusupi oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi teror.

Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Tanjungpinang yang markas komandonya melekat dengan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, disamping menjalankan tugas pokok dan fungsi yang sudah ditetapkan juga bertanggung jawab atas keamanan obvit strategis tersebut.

Demikian disampaikan Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. disela-sela kesibukanya sebagai Dansatgas Latihan Pengamanan (Latpam) Lanudal Barat TA. 2019 dalam memimpin langsung jalannya Manuvra Lapangan (Manlap) sebagai puncak latihan yang berlangsung di bandara RHF Tanjungpinang, Jumat (08/11).

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan latihan yang mengangkat tema, “Puspenerbal Melaksanakan Latpam Lanudal Barat TA. 2019 Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AL”, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Lanudal Tanjungpinang dalam menjaga keamanan pangkalan dan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF)”.

Dalam pelaksanaan latihan manlap para pelaku terbagi dalam beberapa tugas operasi latihan, diantaranya Pertahanan pangkalan, Pengendalian massa/PHH, Pembebasan sandera, Penanggulangan bahan peledak, Evakuasi medis darat dan udara, Patroli udara, Penanggulangan bahaya kebakaran dan Keamanan bandara RHF,” tegasnya.

Sedangkan untuk personel yang terlibat, kata Danlanudal Tanjungpinang, “Terdiri dari beberapa satuan TNI AL dan instansi terkait lainnya, diantaranya Lanudal Tanjungpinang, Wing Udara 1 Tpi, Fleet One Quick Response (F1QR) Satkopaska Koarmada I, Yonmarhanlan IV Tpi, AVSEC Bandara RHF, PKP-PK Bandara RHF, AMC Bandara RHF, RSAL dr. Midiato Suratani, AirNav Bandara RHF, Tim Massa dan Pomal Lantamal IV Tanjungpinang, lanjutnya.

Puncak latihan Manuvra lapangan yang dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan skenario latihan ini,” ungkapnya.

“Sangat optimis sasaran Latpam Lanudal Barat TA. 2019 yang meliputi diantaranya “Terciptanya koordinasi yang baik antara Lanudal Tanjungpinang dan seluruh Stakeholder bandara RHF”, terkait peran pentingnya pelibatan Lanudal Tanjungpinang dalam menjaga keamanan obvit bandara RHF.

Sementara itu sebagai akhir dari rangkaian kegiatan Latpam Lanudal Barat TA. 2019 dilanjutkan dengan Kaji Ulang dan Briefing Penutupan di Gedung Olah Raga (GOR) Lanudal Tanjungpinang oleh Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin, S.H., M.Han, yang diwakili oleh Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi selaku Kawasdal Latpam Lanudal Barat TA. 2019.

Kegiatan tersebut dengan dihadiri Penasehat latihan Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya, Dankolat Penerbal Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius Virzawan S.E., M.Tr (Han) selaku penilai latihan, Peninjau dari Sopsal Mabesal Letkol Laut (P) Eko Setiyono dan Evalat dari Sopsal serta Penilai dari Kolat Koarmada I, disamping itu juga dihadiri Danwing Udara 1 Tpi Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo M.Tr. Hanla. M.M., GM Airnav Bandara RHF Bapak Dwi Jaya Putra, serta tamu undangan.

Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi mewakili
Dalam amanatnya Danpuspenerbal yang dibacakan Dirops Puspenerbal diantaranya mengatakan, “Pelaksanaan penutupan merupakan ungkapan rasa syukur, seluruh rangkaian kegiatan Latpam Lanudal Barat TA 2019 selama lima hari mulai tanggal 4 s.d 8 Nopember 2019 di Lanudal Tanjungpinang dapat berjalan dengan aman, lancar dan sesuai dengan skenario serta Zero Accident”.

Lebih lanjut disampaikan, Tujuan dan Sasaran latihan untuk mewujudkan profesionalisme kerja sama tim yang cepat dan tanggap antara personel Lanudal Tanjungpinang, Awak Pesud TNI AL, Airport Security (AVSEC) bandara RHF, PKP-PK bandara RHF dan RSAL dr. Midiato Suratani serta Yonmarhanlan IV Tpi dapat tercapai secara optimal.

Danpuspenerbal dalam mengakhiri amanatnya yang dibacakan oleh Dirops Puspenerbal berharap, “Agar para peserta latihan dapat mengambil manfaat dalam kegiatan latihan untuk mendukung tugas di instansi masing-masing”. Disamping itu juga mengungkapkan terima kasih atas terselenggaranya kerja sama yang apik antar instansi sehingga dapat terjalin soliditas dan kebersamaan antar satuan dilapangan.

Mengakhiri kegiatan penutupan, Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi dengan di dampingi Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. dan GM Airnav Bandara RHF Bapak Dwi Jaya Putra melaksanakan wawancara dengan Reporter Televisi dan Wartawan lokal Tanjungpinang, dilanjutkan dengan siaran langsung Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H., M.Tr. Hanla. dalam program Radio Jalesveva Jayamahe.

Pen Lanudal Tanjungpinang
Editor: 7ringgo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed