oleh

Panglima TNI: Tahun 2020 Akan Dibangun Markas Kogabwilhan I di Dompak Kepri

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (f-7ringgo)

Dompak, Kepri, seputarkepri.co.id– Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP meninjau kesiapan lahan pembangunan markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I di Dompak, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (25/11) .

Usai acara peninjauan tersebut, Panglima TNI menyampaikan, “Tadi, pihak pemerintah Provinsi Kepri melalui Plt. Gubernur H Isdianto sudah menyerahkan dan menghibahkan lahan untuk pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I Kepulauan Riau.

“Kalau persyaratan tanah sudah selesai, awal Tahun 2020 akan di bangun Markas Kogabwilhan I Kepri diatas lahan 20 Hektare yang dihibahkan oleh Pemerintah Provinsin Kepulauan Riau, mudah-mudah cepat selesai,” ungkap Panglima.

Lokasi lahan ini sangat strategis karena berhadapan dengan laut, dan dilewati alki satu, jadi untuk pembangunan Makogabwilhan tepat disini. Menurut sejarah, kata Panglima, konwilhan pernah di Tanjungpinang ini.

Tanjungpinang ini sudah memiliki pangkalan udara, dermaga. Jadi apabila ada masuk pesawat-pesawat tempur sudah mudah.

Selain Kogabwilhan I ini, juga ada Kogabwilhan II di Kota Balik Papan Provinsi Kalimantan Timur, dan Kogabwilhan III di Biak,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan rencana pembangunanan Kogabwilhan ini sudah direncanakan dari tahun 2014, namun baru terealisasi pada awal tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Terakhir Panglima menyampaikan, Kogabwilhan ini adalah posko yang ada sekarang ini baik dari Kodam I/BB, Armada I dan Kopau I. Itulah bagian dari komondo gabungan ini, kekuatan yang sudah tergelar dan apabila nanti dibutuhkan terhadap giat penindakan operasi militer perang baik giat operasi militer selain perang.

Laporan: Mariyanto
Editor: 7ringgo

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed