oleh

Lanudal Tanjungpinang Laksanakan Peringatan Nuzulul Quran TA 2022

Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai.

Tanjungpinang (KEPRI)-TNI AL Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai melaksanakan acara peringatan Nuzulul Qur’an 1443H/2022 M di Masjid Al-Baari komplek Lanudal Tanjungpinang, Selasa (19/4/2022).

Peringatan Nuzulul Qur’an yang
dihadiri oleh seluruh Prajurit, PNS serta warga sekitar komplek mako Lanudal Tanjungpinang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Komandan Lanudal Tanjungpinang

Dalam sambutannya, Komandan Lanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Rivai menyampaikan Peringatan Nuzulul Qur’an dapat dijadikan sebagai momentum dan wahana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kita.

“Jadikan kegiatan ini sebagai sarana introspeksi diri, sudah sejauh mana kita mengenal,memahami dan menjalankan ajaran-ajaran yang terkandung dalam al-qur’an kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Itulah sebabnya saya memandang tepat  bila peringatan Nuzulul Qur’an kali ini bertemakan, “Implementasi Nilai-Nilai Ramadhan, dalam kehidupan prajurit TNI,” ungkap Danlanudal.

Sementara itu, Penceramah Ust Hasanudin, S.Hi menyampaikan, pentingnya memperingati nuzulul Qur’an karena peristiwa yang bersejarah bulan diturunkannya Al- Qur’an dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW, yang setiap hari ke-17 diperingati oleh seluruh umat muslim.

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari sejarah turunnya Al-Qur’an, merupakan kajian yang menarik. Dengan memahami sejarah turunnya Al-Qur’an, maka akan menambah keteguhan iman kita kepada Allah SWT.

Lebih lanjut beliau menjelaskan
“Al-Qur’an adalah pandangan hidup umat manusia di dunia agar tidak tersesat dan memperoleh bahagia di dunia dan akhirat, bahwa barang siapa yang mengikuti Al-Qur’an, berarti dia menjadikan Al-Qur’an sebagai imam sehingga tidak akan tersesat hidupnya.

Dan siapa yang memimpin dengan pedoman nilai-nilai Al-Qur’an, maka akan dibimbing oleh Allah dalam setiap keputusannya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah rohani tentang Hikmah puasa sebagai madrasah dengan menerapkan pelajaran puasa Ramadhan akan mendidik atau membentuk sikap istiqomah dan keimanan, keiklasan dalam beribadah akan membangun jiwa, raga, ilmu,kompetensi dan cinta sesama, sehingga akan terbentuk Jiwa dan Raga TNI yang kuat, solid, profesional dan dicintai oleh rakyat,” pungkasnya. (Rd/*)

Editor: Baringin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed