oleh

Pangdam I/BB dan Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Watuseke Resmikan Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang Batam Pelayanan Kesehatan Umum dan Pengobatan Secara Gratis

 

 

Batam (KEPRI)-Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan secara resmi menjadikan Eks Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang sebagai pelayanan kesehatan umum dan pengobatan secara gratis, Jumat (17/11/2023).

Hal tersebut disampaikan Pangdam Mayjen TNI Mochammad Hasan usai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melalui Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan (BB) dengan Yayasan Artha Graha Peduli di lapangan rest area RSKI Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Orang nomor satu di Kodam I/BB ini menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan kolaborasi bersama kedua belah pihak dalam hal meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat, prajurit TNI maupun Polri di kawasan Pulau Galang, Rempang, Batam dan sekitarnya.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari upaya dalam rangka mengoptimalkan Eks RSKI Galang dengan pemanfaatan fasilitas kesehatan di dalamnya yang tidak dioperasionalkan lagi, pasca Covid-19 berakhir.

“Pagi ini kita meresmikan pemanfaatan kembali Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang yang sudah cukup lama tidak dimanfaatkan,” sebut Pangdam didampingi Danrem 033/Wira Pratama (WP), Brigjen TNI Jimmy Watuseke di lokasi.

“Ini guna membantu masyarakat dengan mengoperasikan kembali RSKI Galang berupa pemberian pelayanan kesehatan umum dan pengobatan gratis secara bertahap yang bekerjasama dengan Artha Graha Peduli, tim kesehatan Kodam I/BB serta unsur kesehatan TNI lainnya dan Polri yang dapat dirasakan langsung manfaatnya sehingga tempat ini bisa terawat,” jelas Pangdam.

Pangdam berharap RSKI Galang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan, kesejahteraan ataupun kesehatan masyarakat. Selain itu, RSKI Galang dapat semakin berkembang ke depannya.

“Tujuannya kita merawat tempat ini, supaya aset negara tersebut benar-benar bisa dioperasionalkan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Artha Graha Peduli
Fernandi Anggada, menyampaikan terima kasih karena yang telah diberikan kesempatan bagi pihaknya untuk turut berkolaborasi menyukseskan program pendampingan penguatan pembinaan teritorial (Binter) terhadap pelayanan kesehatan terpadu tersebut.

“Insyaallah, kami (Yayasan Artha Graha Peduli) akan memberikan yang terbaik semampu kami demi melayani masyarakat, khususnya Rempang dan Galang. Kami percaya, masyarakat sehat, Indonesia kuat. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” imbuhnya.

Adapun usai penandatanganan, Pangdam beserta rombongan tamu undangan berkesempatan langsung meninjau lokasi-lokasi pelayanan kesehatan di RSKI Galang serta melihat langsung masyarakat yang tengah mengantri untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Kesempatan ini juga dilaksanakan Bakti Sosial (Baksos) berupa pembagian sembako kepada masyarakat Rempang dan Galang. (Penrem)

Reporter: Cr1
Editor: Herman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed