oleh

Tim Dinas Kominfo Natuna Uji Coba Dan Pengecekan Perangkat Palapa Ring Barat

Seputarkepri.co.id, Warta Kominfo (NATUNA) – Dalam rangka memperoleh Ijin Penyelenggaraan JarTup (Jaringan Tertutup) yang dikeluarkan oleh Kemeterian Kominfo Republik Indonesia terkait pengoperasian Palapa Ring Barat (PRB) yang ada di Kabupaten Natuna, telah dilakukan pengecekan terhadap infrastruktur oleh tim yang tergabung dari PT. PRB, PT. Moratel, Dirjen PPI Kementrian Kominfo Republik Indonesia dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna.

Pengecekan infrastruktur tersebut dimulai dari pengecekan NOC (Network Operation Center) yang ada di Bandasyah Kecamatan Bunguran Timur, kemudian diteruskan pengecekan terhadap Jalur FO (Fiber Optic) +-40 km di sepanjang jalan Bandarsyah- Penarik, terakhir pengecekan terhadap BMH (Base Mounting Hole) di Penarik Kecamatan Bunguran Selatan, Rabu (31/01/2018).

Sebagaimana informasi di lapangan, progres pembangunan infrastruktur PRB itu  sudah 90% rampung dikerjakan dari sisi fisiknya. Oleh karena itu, sangat diharapkan pengopersiannya dapat dilakukan sesuai dengan target plan schedul yang telah ditentukan sebelumnya, bahwa akan mulai beroperasi pada tanggal 11 Februari 2018 mendatang.

Kabid. Penyelenggaraan E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna Hastuti, SH, MAP, mengatakan jaringan telekomunikasi dalam bentuk FO tersebut sangat diperlukan guna mendukung dan menambah kualitas jaringan seluler dari operator-operator ISP yang ada di Natuna. Selain itu, peningkatan terhadap jaringan telekomunikasi tersebut juga dapat membantu dalam sistem kerja pemerintahan dalam membangun Kabupaten Natuna.

“Pemerintah Kabupaten Natuna akan siap mendukung penuh atas proyek PRB ini. Dirasakan sangat tepat untuk kebutuhan kantor, apalagi dalam rangka pelaksanaan Implementasi E-Governement Pemerintah Kabupaten Natuna. Semoga tidak ada masalah dalam pengopersionalnya baik dari sistem kerja peralatan maupun administrasinya “, ujar Hastuti di lapangan.

Selain untuk pengecekan kondisi fisik di lapangan, Tim juga melakukan pengujian sistem dan Uji Laik Operasi (ULO) terhadap perangkat NOC di Bandarsyah yang di hadiri dari BP3TI Kementerian Kominfo Republik Indonesia Tim Surveyor Indonesia Ibu Puput, Kamis (01/02/2018).

Uji coba perangkat NOC tersebut berupa Load Test, Ping Test, Long Wire Inline (darat dan laut), Bandwith Test, Troubleshot Test, Trafict Test dan Monitoring Test. (Kominfo Natuna/Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed